Parhusip, Agustina (2015) PENGARUH JENIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112131002 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4112131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4112131002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4112131002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4112131002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4112131002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4112131002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4112131002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4112131002 BAB I.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4112131002 BAB V.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4112131002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4112131002 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis model pembelajaran kooperatif, media pembelajaran dan interaksi antara jenis model pembelajaran kooperatif dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 14 Medan yakni sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan melalui dua tahap yaitu: sampel kelas diambil secara acak dan sampel siswa diambil secara purposif sebanyak 15 orang dari setiap kelas yang relatif homogen statusnya. Penelitian ini mengunakan rancangan factorial 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu: faktor A: Jenis model pembelajaran kooperatif dan terdiri dari 2 taraf yaitu A1 = model pembelajaran kooperatif NHT A2 = model pembelajaran kooperatif STAD, faktor B: Media pembelajaran dan terdiri dari 2 taraf yaitu B1 = media LKS dan B2 = media Peta Konsep. Berdasarkan uji hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh bahwa Fhit (A) dan Fhit (B) > Ftabel artinya ada pengaruh jenis model pembelajaran kooperatif dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA dan Fhit (AB) > Ftabel atau 10,88 > 4,0, artinya ada interaksi antara jenis model pembelajaran kooperatif dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD memberikan rataan hasil belajar lebih tinggi dengan menggunakan media peta konsep (8,2 ± 0,9) dan memberikan rataan hasil belajar yang paling rendah dengan menggunakan media LKS (7,1 ± 0,54). Siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif NHT menggunakan media peta konsep memberikan rataan hasil belajar lebih tinggi (8,1 ± 0,68) dan memberikan rataan hasil belajar lebih rendah dengan menggunakan media LKS (7,8 ± 0,97). Pada uji pengaruh sederhana siswa yang akan diberi media peta konsep sebaiknya digunakan dengan model pembealajaran kooperatif STAD atau NHT karena secara statistik tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua model tersebut pada peta konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 011 |
Keywords: | Hasil Belajar; Media Pembelajaran; Model Pembelajaran Kooperatif; Redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12220 |