Sianturi, Marihot Pardamean (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN METODE INKUIRI DI KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311031 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103311031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4103311031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
4103311031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103311031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103311031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103311031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103311031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103311031 BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
4103311031 BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4103311031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103311031 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization menggunakan metode inkuiri di kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.A. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization menggunakan metode inkuiri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang mampu menyatakan ulang konsep 78,9% (sedang), siswa yang mampu mengenal contoh dan bukan contoh dari konsep 72,6% (sedang), siswa yang mampu menggunakan hubungan antar konsep 71,9% (sedang), siswa yang mampu menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis 77,3% (sedang), dan siswa yang mampu menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah matematika 67,9%(sedang). Hasil penelitian pada siklus II diperoleh siswa yang mampu menyatakan ulang konsep 96,1% (tinggi), siswa yang mampu mengenal contoh dan bukan contoh dari konsep 85,2% (sedang), siswa yang mampu menggunakan hubungan antar konsep 87,5% (sedang), siswa yang mampu menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis 89,1% (sedang), dan siswa yang mampu menggunakan konsep untuk menyelesaikan masalah matematika 75,8%(sedang).Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai 79,00 dan pada siklus II dalam kategori sangat baik dengan nilai 91,75.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.A. 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sia p |
Keywords: | pembelajaran matematika; metode inkuiri; persamaan linier dua variabel; Team Assisted Individualization |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12207 |