Siregar, Nani Nursamqori (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA KELILING DAN LUAS LINGKARAN DI KELAS VIII B MTS. NEGERI AEK NATAS TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311033 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103311033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103311033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4103311033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103311033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4103311033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103311033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4103311033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103311033 BAB I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
4103311033 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103311033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103311033 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Pada Keliling Dan Luas Lingkaran Di Kelas VIII B MTs. Negeri Aek Natas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B MTs. Negeri Aek Natas tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 40 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan komunikasi matematis siswa pada keliling dan luas lingkaran di kelas VIII-B MTs. Negeri Aek Natas tahun ajaran 2014/2015. Data diperoleh dari tes komunikasi matematis siswa pada akhir setiap siklus dan lembar observasi untuk setiap kali pertemuan. Sebelum dilaksanakannya penelitian diadakan tes diagnostik pada kelas VIII-B untuk melihat kesulitan belajar siswa dalam memahami keliling dan luas lingkaran, juga dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan keliling dan luas lingkaran. Kemudian dilaksanakan siklus I dan siklus II di kelas VIII-B untuk melihat peningkatan komunikasi matematis siswa pada keliling dan luas lingkaran.Komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan. Ini dapat dilihat dari nilai rata-rata komunikasi matematis siswa pada tes awal yaitu 53.2 dengan tingkat komunikasi matematis sangat rendah. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata komunikasi matematis siswa meningkat menjadi 64.3 dengan tingkat komunikasi matematis rendah. Selanjutnya setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, nilai rata-rata komunikasi matematis siswa meningkat menjadi 78.2 dengan tingkat komunikasi matematis sedang serta telah mencapai target keberhasilan belajar.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa pada keliling dan luas lingkaran di kelas VIII B MTs. Negeri Aek Natas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.183 071 Sir p |
Keywords: | komunikasi matematika; pembeljaran kooperatif; Team Assisted Individualization; lingkaran; keliling dan luas lingkaran; busur; juring; tembereng |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12201 |