Siregar, Riefki Maidasari (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN ATI (APTITUDE-TREATMENT INTERACTION)PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK KUOLABUHAN BATU UTARA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311042 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409311042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
409311042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409311042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409311042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
409311042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409311042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
409311042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
409311042 BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
409311042 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
409311042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
409311042 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran ATI ( Aptitude Treatment Interaction ) pada pokok bahasan Aljabar di Kelas VII-I SMP Negeri 1 Aek Kuo Labuhan Batu Utara Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah36 siswa kelas VII-ISMP Negeri 1 Aek Kuo Labuhan Batu Utara. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakanuntuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan aljabar dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika model pembelajaran ATI diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 10 dari 36 siswa atau 27,78% dengan rata-rata kelas 44,44. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan Penerapan Model Pembelajaran ATI menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 21 dari 36 siswa atau 58,33% dengan rata-rata kelas 67,22. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 32 dari 36 siswa atau 88,89% dengan rata-rata kelas 80. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran ATI ( Aptitude Treatment Interaction ) hasil belajar siswa khususnya pada pokok bahasan Aljabar di kelas VII-I SMP Negeri 1 Aek Kuo Labuhan Batu Utara meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan Model Pembelajaran ATI ( Aptitude Treatment Interaction ) sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Sir u |
Keywords: | Belajar;hasil Belajar; Aljabar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12194 |