Yanti, Rahma (2014) STUDI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMA NEGERI KOTA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141015 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4102141015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4102141015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
4102141015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4102141015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
4102141015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4102141015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
4102141015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4102141015 BAB I.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
4102141015 BAB V.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
4102141015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru biologi bersertifikat pendidik di SMA Negeri Kota Binjai. Penelitian dilakukan pada 7 SMA Negeri di Kota Binjai. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru biologi bersertifikat pendidik yang mengajar di SMA Negeri Kota Binjai berjumlah 18 orang. Sedangkan sampel penelitian di ambil secara sampel total yakni seluruh guru biologi bersertifikat pendidik dijadikan sampel penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan instrument penilaian adalah angket. Angket di isi oleh guru dan siswa.Dari analisa yang dilakukan diperoleh pandangan guru bahwa kompetensi pedagogik guru biologi bersertifikat pendidik di SMA Negeri Kota Binjai pada umumnya sudah sangat baik (87,27%). Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek pedagogik yang telah dilakukan seperti merancang pembelajaran sangat baik (89,35%), melaksanakan pembelajaran sangat baik (88,37%), memahami peserta didik secara mendalam sangat baik (89,29%), merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran sangat baik (85,76%). Sedangkan dari sudut pandang siswa pada umumnya sudah baik (81,93%). Hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek pedagogik yang telah dilakukan seperti merancang pembelajaran baik (82,73%), melaksanakan pembelajaran sangat baik (86,20%), memahami peserta didik secara mendalam baik (79,70%), merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran baik (81,70%). Namun dalam hal mengaktualisasikan potensi peserta didik kemampuan guru masih dikategorikan cukup (69,44%). Dengan demikian masih perlu adanya perbaikan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru sehingga kompetensi pedagogik guru biologi bersetifikat pendidik di SMA Negeri Kota Binjai bisa lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574. 071 2 Yan s |
Keywords: | kompetensi; guru; pedagogik guru; sertifikasi guru; uji kompetensi; kualitas guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12174 |