Panjaitan, Desy Christina N. (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTU POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121005 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4101121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
4101121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4101121005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4101121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4101121005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4101121005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4101121005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4101121005 BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
409121005 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4101121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Quantum Teaching berbantu powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII Semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 12 soal dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 41,66 dan kelas kontrol 37,90. Hasil uji normalitas dan homogenitas untuk kedua sampel berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Kemudian pada kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Quantum Teaching dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 68,27 dan kelas kontrol 57,25. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 63,514 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t menunjukkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh pembelajaran Quantum Teaching berbantu powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII semester II SMP Swasta HKBP Sidorame Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Pan p |
Keywords: | hasil belajar; aktivitas belajar; pembelajaran quantum teaching; media; cahaya; pemantulan cahaya; hukum pembiasan; pembiasan pada benda optik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12171 |