Atsari, Sarah Novita (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (INVESTIGASI KELOMPOK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409141085 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409141085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409141085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
409141085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
409141085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409141085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
409141085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409141085 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
409141085 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
409141085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
409141085 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama danhasil belajar biologi melalui model pembelajaran kooperatif group investigation(investigasi kelompok) pada sub pokok materi ekosistem di kelas X-7 SMAPrayatna Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalahpenelitian deskriptif, dengan populasi sebanyak 7 kelas yang terdiri atas 237siswa. Teknik pengambilan sampel secara purposive yaitu kelas X-7 sebanyak 32siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan berganda yangterdiri dari 20 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu dan lembar observasikerjasama siswa. Kemampuan kerjasama siswa secara klasikal atau keseluruhandiperoleh nilai sebesar 85,59. Sedangkan hasil analisis data diperoleh nilai rataratasetelah mendapatkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipeinvestigasi kelompok mengalami peningkatan sebesar 25,47. Hal ini berdasarkannilai rata-rata saat pre-test yaitu 50,15 dan saat post-test yaitu 75,62. Dapatdisimpulkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipeinvestigasi kelompok pada sub pokok materi ekosistem di kelas X-7 SMAPrayatna Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 membuat kemampuan kerjasamatergolong tinggi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Ats p |
Keywords: | model pembelajaran; model pembelajaran kooperatif; hasil belajar; kerjasama; ekosistem; interaksi dalam ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12166 |