Siregar, Samsidar (2014) PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES AND TOURNEMENT) DENGAN KONVENSIONAL MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
409431032 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409431032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
409431032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
409431032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
409431032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409431032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409431032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409431032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409431032 BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
409431032 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409431032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
409431032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipa TGT (Teams Games and Tournament) dan konvensional menggunakan media peta konsep pada pokok bahasan laju reaksi di SMA Swasta Nurhasanah Medan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Nurhasanah Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini yang dipilih secara random sampling diambil dari kedua kelas tersebut yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diberi perlakuan model pembelajaran TGT (Teams Games and Tournament) dengan media peta konsep sedangkan kelas eksperimen II diberi perlakuan model pembelajaran Konvensional menggunakan media peta konsep. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 74,8% sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas eksperimen II sebesar 63,5%,. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-test uji dua pihak dengan kriteria thitung < -t ½ α dan ttihung > t ½ α dan diperoleh thitung = 14,47 sedangkan ttabel = 2,000 untuk α = 0.025 dan db = 60. Dengan demikian thitung < - t tabel dan thitung > ttabel, maka Ha diterima yakni ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media peta konsep dengan hasil belajar siswa tang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional menggunaakan media peta konsep pada pokok bahasan laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 51.390 712 Sir p |
Keywords: | Model Pembelajaran;TGT; peta konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12165 |