Simbolon, Onesimus (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENGAJARAN TERMOKIMIA SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131023 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4101131023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4101131023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4101131023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4101131023 DAFATR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4101131023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101131023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101131023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101131023 BAB I.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101131023 BAB V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4101131023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menstandarisasi modul inovatif sesuai tuntutan kurikulum 2013 dan mengetahui efektifitas terhadap hasil belajar siswa serta mengetahui motivasi siswa yang dibelajarkan dengan modul inovatif. Sampel penelitian terdiri atas buku kimia SMA/MA yang sering digunakan di Medan, dosen ahli yang mengajar kimia dasar, guru yang sudah menagajar kimia lebih dari 3 tahun, dan siswa kelas XI di SMA/MA di Medan. Instrumen penelitian ini adalah deskripsi buku ajar, modul inovatif, angket analisis sesuai standar BSNP, hasil belajar siswa, dan motivasi belajar siswa. Prosedur penelitian terdiri atas analisis buku, pengembangaan modul inovatif, standarisasi, revisi modul, serta uji coba modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dibuat sudah standar dengan tuntutan kurikulum 2013, dengan isi materi yang sudah sesuai dengan model dan media pendukung. Modul inovatif pada pengajaran laju reaksi terdiri atas 3 subbab, yaitu system dan lingkungan, entalpi dan perubahan entalpi, penentuan perubahan entalpi dan dilengkapi dengan integrasi kegiatan laboratorium, aktivitas luar sekolah, dan media pembelajaran. Standarisasi modul menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif terhadap isi modul inovatif, didapat hasil rata-rata efektifitas modul adalah sebesar 103,55% lebih tinggi dibandingkan efektifitas buku pengangan di beberapa sekolah tempat penelitian berlangsung (E1=93,67%, E2=101,25%, dan E3=102,79%). Hasil uji coba modul inovatif menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa menggunakan modul inovatif pada kelas eksperimen (M=81,40) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol di masing-masing sekolah (M1=77,00, M2=77,80, dan M3=80,80).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Sim p |
Keywords: | Pembelajaran Kimia;Metode Pembelajaran;Termokomia;Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12157 |