PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN BANTUAN MACROMEDIA FLASH

Irawan, Imam Deli (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN BANTUAN MACROMEDIA FLASH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101331002 COVER.pdf]
Preview
Text
4101331002 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101331002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 KATA PENGANTAR..pdf]
Preview
Text
4101331002 KATA PENGANTAR..pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 ABSTRAK..pdf]
Preview
Text
4101331002 ABSTRAK..pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 DAFTAR ISI..pdf]
Preview
Text
4101331002 DAFTAR ISI..pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 DAFTAR TABEL..pdf]
Preview
Text
4101331002 DAFTAR TABEL..pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 DAFTAR GAMBAR..pdf]
Preview
Text
4101331002 DAFTAR GAMBAR..pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 DAFTAR LAMPIRAN..pdf]
Preview
Text
4101331002 DAFTAR LAMPIRAN..pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 BAB I..pdf]
Preview
Text
4101331002 BAB I..pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 BAB V..pdf]
Preview
Text
4101331002 BAB V..pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4101331002 DAFTAR PUSTAKA..pdf]
Preview
Text
4101331002 DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil
belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menggunakan
macromedia flash pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Lima puluh
yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas dengan teknik
random sampling (acak) dan masing–masing kelas terdiri atas 40 siswa. Pada
kelas eksperimen I diberi pengajaran dengan model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dengan macromedia flash dan pada kelas eksperimen II diberikan
pengajaran dengan model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
dengan macromedia flash. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas
PBL memiliki rata – rata nilai pretest 35 + 6,16 dan post-tes 84,50 + 9,50 dengan
rata – rata gain sebesar 76,78 %. Sedangkan siswa pada kelas TPS memiliki rata –
rata nilai pretest 33,50 + 5,89 dan post-tes 78,5 + 8,63 dengan rata – rata gain
sebesar 67,90 %. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak
dari data hasil belajar dan diperoleh thitung = 2,564 sedangkan ttabel = 2,0021 untuk
α = 0,05 dan db = 58, sehingga thitung>ttabel. Maka Ha terima, yakni ada perbedaan
yang signifikan hasil belajar antara siswa yang diajara dengan menerapkan model
Problem Based Learning ( pada kelas eksperimen I ) dengan model kooperatif
tipe Think Pair Share ( kelas eksperimen II ) yaitu sebesar 9 %. Berdasarkan
perbandingan peningkatan hasil belajar kimia siswa diperoleh bahwa hasil belajar
yang tertinggi yaitu dengan pembelajaran menggunakan model Problem Based
Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.342 071 2 Ira p
Keywords: Hasil Belajar;Macroedia Flash; Kelaruan;Ksp dengan pH
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12154

Actions (login required)

View Item
View Item