PENGARUH METODE INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN SIKAP BERFIKIR KRITIS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Hanita, Hijjah (2015) PENGARUH METODE INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN SIKAP BERFIKIR KRITIS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101331001 COVER.pdf]
Preview
Text
4101331001 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101331001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4101331001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101331001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4101331001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4101331001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4101331001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4101331001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001 BAB I.pdf]
Preview
Text
4101331001 BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001  BAB V.pdf]
Preview
Text
4101331001 BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4101331001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 4101331001 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4101331001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan karakter berfikir kritis dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction pada pokok bahasan Laju Reaksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 02 Medan T.A 2014/2015. Pengambilan data untuk karakter berfikir kritis siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan instrumen yang telah valid. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang telah valid dan realibel sebanyak 20 soal (0,690). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa yang diajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbasis praktikum rata-rata nilai berfikir kritis siswa adalah 60,75 dan pada siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction rata-rata nilai berfikir kritis siswa adalah 55,96. Nilai rata-rata pre-test pada siswa yang diajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbasis praktikum adalah 14,43 dan nilai rata-rata posttest adalah 66,0. Sedangkan pada siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction rata-rata nilai pre-test adalah 21,14 dan nilai rata-rata posttest adalah 74,5. Nilai rata-rata gain pada siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbasis praktiku adalah 0,69 dan nilai rata-rata pada siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction adalah 0,57. Hasil uji hipotesis tumbuh kembangnya berfikir kritis siswa dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction adalah Sig 0,000 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing sebesar 69,18 % dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model direct instruction sebesar 56,73 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.390 712 Han p
Keywords: Hakekat Belajar;Metode Pembelajaran;Metode Inkuiri;Metode Praktikum;Laju Rekasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12153

Actions (login required)

View Item
View Item