Hanita, Hijjah (2015) PENGARUH METODE INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN SIKAP BERFIKIR KRITIS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101331001 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4101331001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4101331001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4101331001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4101331001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4101331001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101331001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4101331001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4101331001 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
4101331001 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4101331001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4101331001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan karakter berfikir kritis dan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode inkuiri terbimbing dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction pada pokok bahasan Laju Reaksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 02 Medan T.A 2014/2015. Pengambilan data untuk karakter berfikir kritis siswa diperoleh melalui observasi dengan menggunakan instrumen yang telah valid. Sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang telah valid dan realibel sebanyak 20 soal (0,690). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa yang diajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbasis praktikum rata-rata nilai berfikir kritis siswa adalah 60,75 dan pada siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction rata-rata nilai berfikir kritis siswa adalah 55,96. Nilai rata-rata pre-test pada siswa yang diajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbasis praktikum adalah 14,43 dan nilai rata-rata posttest adalah 66,0. Sedangkan pada siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction rata-rata nilai pre-test adalah 21,14 dan nilai rata-rata posttest adalah 74,5. Nilai rata-rata gain pada siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing berbasis praktiku adalah 0,69 dan nilai rata-rata pada siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction adalah 0,57. Hasil uji hipotesis tumbuh kembangnya berfikir kritis siswa dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model direct instruction adalah Sig 0,000 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing sebesar 69,18 % dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang dibelajarkan dengan model direct instruction sebesar 56,73 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.390 712 Han p |
Keywords: | Hakekat Belajar;Metode Pembelajaran;Metode Inkuiri;Metode Praktikum;Laju Rekasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12153 |