Amalia, Shabrina (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121068 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103121068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4103121068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4103121068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4103121068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103121068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103121068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103121068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103121068 BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
4103121068 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103121068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL (Problem Based Learning) dengan menggunakan media peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus kelas X semester I SMA Negeri 1 Pantai Cermin T.P. 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA Negeri 1 Pantai Cermin terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 34 dan 35 siswa ditentukan dengan cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model PBL (Problem Based Learning) dengan menggunakan media peta pikiran dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Melalui uji hipotesis satu pihak diperoleh hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) lebih baik daripada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 071 Ama p |
Keywords: | PBL (Problem Based Learning); gerak lurus; media peta pikiran; hasil belajar siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12088 |