Syaifullah, Fitra (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X IPA SEMESTER I SMA N 3 BINJAI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121005 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4102121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4102121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4102121005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4102121005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4102121005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4102121005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4102121005 BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
4102121005 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4102121005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X IPA semester I SMA Negeri 3 Binjai T.A 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA semester I SMA N 3 Binjai yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling diambil 2 kelas yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 orang. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 buah yaitu tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk essay sebanyak 6 soal dan lembar observasi aktivitas belajar siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,13 dengan standar deviasi 12,40 dan nilai rata-rata kelas kontrol 28,25 dengan standar deviasi 10,72. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1293 dan Ltabel = 0,1617, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1535 dan Ltabel = 0,1591, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung= 1,33 dan Ftabel = 1,70 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,03 dengan standar deviasi 9,25 dan kelas kontrol 57,32 dengan standar deviasi 11,19. Hasil uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung = 4,83 dan ttabel = 1,49, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry training berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton dikelas X IPA semester I SMA Negeri 3 Binjai T.A 2014/2015. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata nilai 72,43 dengan kategori aktif dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 50,86 dengan kategori cukup aktif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Sya p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; model pembelajaran konvensional; hukum newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12087 |