PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 LIMA PULUH T.A 2014/2015

Supriani, - (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 LIMA PULUH T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101121030 COVER.pdf]
Preview
Text
4101121030 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101121030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4101121030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101121030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4101121030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4101121030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4101121030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4101121030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 BAB I.pdf]
Preview
Text
4101121030 BAB I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 BAB V.pdf]
Preview
Text
4101121030 BAB V.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 4101121030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4101121030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 1 lima puluh Batubara T.A 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 1 lima puluh Batu bara yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-1 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas X-2 dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah memenuhi uji persyaratan dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,78 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 39,84. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 75,16, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes 65,47. Dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh rata-rata 50,83, pada pertemuan II dengan rata-rata 59,40 dan pada pertemuan III dengan rata-rata 65,20. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,765 > 1,671 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 62. Hal ini berarti Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas X semester I SMA Negeri 1 lima puluh Batubara T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.607 12 Sup p
Keywords: pembelajaran kooperatif; group investigation; hasil belajar; aktivitas; hukum newton; pembelajaran saintifik; massa dan berat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 09:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item
View Item