Nasution, Abdul Azis (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE (BRAINSTORMING) CURAH PENDAPAT PADA PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA NEGERI 1 TELU MENGKUDU T.P 20142015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102131001 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4102131001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
4102131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4102131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4102131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4102131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4102131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4102131001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
4102131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4102131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4102131001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode brainstorming pada pendekatan konstruktivisme dari peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional dengan pendekatan konstruktivisme pada pokok bahasan struktur atom kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu T.A 2014/2015. Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah kelas X SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu, yang berjumlah 2 kelas dan setiap kelas terdiri dari 36 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen I dengan pembelajaran menggunakan metode brainstorming dan pendekatan konstruktivisme dan kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen II dengan pembelajaran menggunakan metode konvensional dan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan instrument berupa test pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil perhitungan hipotesis pada dk 70 taraf nyata 0,05 menujukkan bahwa harga thitung sebesar 4,673 > ttabel 1,967, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode brainstorming pada pendekatan konstruktivisme lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan konstruktivisme dengan metode konvensional pada pokok bahasan struktur atom. Dari analisis data hasil belajar diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode brainstorming menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih tinggi sebesar 14,2% dibanding hasil belajar siswa yang diajar dengan metode konvesional dengan pendekatan konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.240 712 Nas p |
Keywords: | metode mengajar; hasil belajar; brainstorming; struktur atom; massa atom relative; electron valensi; isotop; isobar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12071 |