Patimah, Siti (2015) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK IKATAN KIMIA DI KELAS X MA NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131030 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
410113103 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
410113103 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
410113103 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
410113103 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
410113103 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
410113103 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
410113103 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
410113103 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
410113103 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
410113103 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran melalui Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) di SMA pada pokok bahasan Ikatan Kimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian two group pre-tes dan pos-tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA semester 1 MA Negeri 1 Medan T.P. 2014/2015 yang berjumlah 332 siswa dan terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan cara random sampling, yaitu kelas XIPA5 (sebagai kelas ekperimen) dan kelas XIPA3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing kelas berjumlah 40 siswa dan 2 kelas berjumlah 46 siswa. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 item dengan 5 option, yang telah divalidkan oleh Validator ( Bapak Dr. Ajat Sudrajat, M.Si dan Ibu Dr. Retno Dwi Suyanti, M.Si) kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t satu pihak. Dari analisa data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-tes kelas eksperimen adalah 1460 dengan standar deviasi 6,620 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 1425 dengan standar deviasi 8,410. Berdasarkan uji beda nyata dengan uji statistik t satu pihak dapat disimpulkan bahwa hasil pretes lebih kecil dari hasil pos tes pada tingkat signifikan 5%. Sedangkan nilai rata-rata post tes kelas eksperimen 84,875 dengan standar deviasi 8,280 dan nilai rata-rata postes kelas kontrol adalah 77,750 dengan standar deviasi 6,780. Berdasarkan uji beda nyata denga uji statistik z dapat disimpulkan bahwa hasil pos tes lebih besar dari pre tes pada tingkat signifikan 5%. Dan peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada kelas eksperimen 76% dan pada kelas kontrol 72%. Dari kedua hal ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) dengan hasil belajar dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.224 071 2 Pat p |
Keywords: | hasil belajar; model pemeblajaran; MBPK; pandangan konstruktivisme; media hgand out; ikatan kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12070 |