Simbolon, Eka Mart S. (2015) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KARAKTERISTIK ZAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PANGURURAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321011 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103321011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4103321011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4103321011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4103321011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4103321011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4103321011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
4103321011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4103321011 BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
4103321011 BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4103321011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok karakteristik zat dan mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 2 Pangururan. Metode penelitian yang digunakan adalan quasi eksperimen, sampel yang diambil sebanyak 78 orang dari 156 orang jumlah seluruh siswa dan dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengukur aktivitas belajar siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 34,74 dan kelas kontrol 32,69. Data pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, dan hasil uji kemampuan awal siswa diperoleh thitung = 1,26 pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,72 (thitung < ttabel) yang artinya kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sama. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen pada pertemuan I, II, dan III adalah sebesar 66,87; 77,04; 84,49. Setelah diberikan perlakuan, diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 77,05 dan kelas kontrol 66,15. Data postes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,90 taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,66 (thitung > ttabel) yang berarti bahwa ada perbedaan akibat efek model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok karakteristik zat di kelas VII SMP Negeri 2 Pangururan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 1 Sim e |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran problem based larning; pembelajaran konvensional; media pembelajaran; media visual; karakteristik zat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 08:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12065 |