Gultom, Elisabeth Margareth (2014) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER DIPADUKAN DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF DEDUKTIF DAN YANG DIAJAR DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI FUNGSI DI KELAS VIII SMP N. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111025 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103111025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
4103111025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4103111025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103111025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4103111025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103111025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4103111025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4103111025 BAB I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
4103111025 BAB V.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4103111025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103111025 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together yang dipadukan dengan pendekatan induktif dan deduktif lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang diajar dengan metode ekspositori pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen.Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMP N 1 Percut Sei Tuan Kelas VIII sebanyak 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas pertama disebut sebagai kelas eksperimen dan kelas kedua disebut sebagai kelas kontrol dan jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah 35 orang siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan komunikasi matematis tertulis, yang terdiri dari 4 butir soal uraian, dimana sebelum tes diujikan terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, tingkat daya beda soal dan tingkat kesukaran. Tes diberikan sebanyak 2 kali yaitu pretes sebelum diberikan pembelajaran dan postes diberikan setelah pembelajaran di kedua kelas berakhir.Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa pada hasil pretes diperoleh 1,273 untuk kelas eksperimen dan 0,923 untuk kelas kontrol. Sedangkan pada postes rata-rata kemampuan berpikir logis siswa sebesar 2,73 untuk kelas eksperimen dan 1,746 untuk kelas kontrol. Masing-masing kelas meningkat sebesar 1,457 untuk kelas eksperimen dan 0,832 untuk kelas kontrol. Dari peningkatan selisih rata-rata dari kedua kelompok dapat dilihat bahwa peningkatan berpikir logis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan yaitu dengan mengggunakan uji t dengan diperoleh (2,66) > (1,66867). Hal ini menunjukkan bahwa berada di luar penerimaan H0¬ maka berdasarkan pengujian tersebut diperoleh bahwa H0 ditolak berarti diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Numbered Heads Together yang dipadukan pendekatan induktif dan deduktif lebih baik dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan metode ekspositori pada pokok bahasan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Gul p |
Keywords: | komunikasi matematika; pembelajaran kooperatif; Numbered Head Together; pendekatan induktif; metode ekspositori; materi fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12029 |