Surianto, - (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DI KELAS VIII SMP NUSA PENIDA MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111052 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4101111052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4101111052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4101111052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4101111052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4101111052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4101111052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4101111052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4101111052 BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
4101111052 BAB V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4101111052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa kelas VIII di SMP Nusa Penida Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi relasi dan fungsi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nusa Penida Medan Tahun Pelajaran 2014/2015 dan objek penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi relasi dan fungsi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 65,24 atau tingkat pemahaman konsep matematika siswa termasuk dalam kriteria rendah dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 74,64 atau tingkat pemahaman konsep matematika siswa termasuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 maka pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan. Hal ini didukung dari hasil observasi pembelajaran matematika pada materi relasi dan fungsi dengan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together (NHT) di kelas VIII SMP Nusa Penida Medan pada siklus I 2,41 (kategori baik) dan siklus II 3,25 (kategori sangat baik).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe Numbered Head Together (NHT), pemahaman konsep matematika siswa dapat meningkat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sur u |
Keywords: | pemahaman konsep matematika; relasi dan fungsi; pembelajaran kooperatif; NHT |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12026 |