Sinaga, Nelly Juliani (2014) PENERAPAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SUB MATERI TABUNG DAN KERUCUT DI KELAS IX SMP SWASTA RAKSANA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111054 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
409111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
409111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
409111054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
409111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
509111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
409111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
409111054 BAB I.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
409111054 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
409111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
409111054 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui media e-learning berbasis weblog dengan metode penemuan terbimbing pada sub materi tabung dan kerucut di kelas IX SMP Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dibagi dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Swasta Raksana Medan yang berjumlah 44 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika pada tabung dan kerucut dengan menggunakan media e-learning berbasis weblog melalui metode penemuan terbimbing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah jika mencapai target setiap indikator ≥ 65%.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh siswa yang memahami aspek fakta mencapai 84,1% (kategori baik), siswa yang mampu memahami aspek konsep mencapai 77,4% (kategori cukup), siswa yang mampu memahami aspek operasi/prosedur mencapai 61,3% (kategori buruk), dan siswa yang mampu memahami aspek prinsip mencapai 40,8% (kategori sangat buruk). Hasil penelitian pada silkus II diperoleh siswa yang mampu memahami aspek fakta mencapai 100% (kategori sangat baik), siswa yang mampu memahami aspek konsep mencapai 95,4% (kategori sangat baik), siswa yang mampu memahami aspek operasi/ prosedur mencapai 88,6% (kategori baik), dan siswa yang mampu memahami aspek prinsip mencapai 65,9% (kategori cukup baik).Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kategori cukup dengan nilai 72 , dan pada siklus II termasuk dalam kategori baik dengan nilai 87,75 .Berdasarkan uraian di atas disimpulkan penerapan media e-learning berbasis weblog dengan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada sub materi tabung dan kerucut di kelas IX-2 SMP Swasta Raksana Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sin p |
Keywords: | metode penemuan terbimbing; media e-learning berbasis weblog; hasil belajar matematika; tabung dan kerucut |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12025 |