Sihotang, Okten Got Ronaldi (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN BANTUAN MEDIA SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311039 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103311039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4103311039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4103311039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4103311039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4103311039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4103311039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4103311039 DAFTRA LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103311039 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
4103311039 BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4103311039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning dengan bantuan Media Software Autograph pada materi persamaan garis lurus di kelas VIIISMP Swasta HKBP Sidorame MedanT.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPSMP Swasta HKBP Sidorame Medan yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan Penerapan Model Cooperative Learning dengan bantuan Media Software Autograph. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Dari 11 butir soal yang diujikan validitasnya dengan menggunakan uji korelasi moment diketahui bahwa semua soal valid dengan rhitung>rtabel. Dengan rhitung11 butir soal yaitu : 0,403 , 0,448 , 0,49 , 0,405 , 0,485 , 0,642 , 0,724 , 0,465 , 0,333 , 0,682 , 0,403 >rtabel yaitu 0,329. Sehingga semua soal dapat digunakan untuk penelitian denganreliabilitas 0,71. Hasildari tes kemampuan awal diperoleh 2 dari 35 siswa (5,71 %) yang tuntas mencapai nilai minimum 65 dan 33 dari 35 siswa (94,29 %) yang tidak tuntas mencapai nilai minimum 65 dengan rata-rata kelas 43,29. Tes hasil belajar siklus I yaitu 16 dari 35 siswa (45,71%) yang tuntas mencapai nilai minimum 65 dan 19 dari 35 siswa (54,29%) yang tidak tuntas mencapai nilai minimum 65 dengan rata-rata kelas 64,4 dan setelah dilakukannya perbaikan dari siklus I pada siklus II diperoleh hasil Tes Hasil Belajar II yaitu 31 dari 35 siswa (88,57%) yang tuntas mencapai nilai minimum 65 dan 4 dari 35 siswa (11,43%) yang tidak tuntas mencapai nilai minimum 65 dengan rata-rata kelas 78,94.Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I termasuk dalam kriteria baik dengan nilai 76 dan 78, rata-rata kedua pertemuan pada siklus I yaitu 77 dan pada siklus II dalam kategori kriteria sangat baik dengan nilai 86.Berdasarkan uraian di atas disimpulkan Penerapan Model Cooperative Learning dengan bantuan Media Software Autograph dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Swasta HKBP Sidorame MedanT.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sih p |
Keywords: | model pembeljaran matematika; media software autograph; persamaan garis lurus; paedagogy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12023 |