Simbolon, Novi Tari (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP KATOLIK TRISAKTI II MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111022 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4102111022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
4102111022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4102111022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4102111022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4102111022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4102111022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4102111022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4102111022 BAB I.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
4102111022 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4102111022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4102111022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan meningkat dengan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VII SMP Katolik Trisakti II Medan T.A 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas VII-A SMP Katolik Trisakti II Medan dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan dengan model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes.Pada pemberian tindakan siklus I diperoleh bahwa kategori proses pembelajaran berbasis masalah pada materi perbandingan termasuk rendah. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil pengamatan sebesar 2,61 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil pengamatan sebesar 3,12.Dari tindakan I, melalui pemberian tes hasil belajar I diperoleh 17 siswa (60,71%) dari 28 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (kriteria nilai 2,66 atau tingkat kemampuan minimal B-) sedangkan 11 siswa (39,29%) belum tuntas. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes hasil belajar II diperoleh 24 siswa (85,71%) dari 28 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (kriteria nilai 2,66 atau tingkat kemampuan minimal B-) sedangkan 4 siswa (14,29%) belum tuntas. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal (85%) maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat dengan model pembelajaran berbasis masalah pada materi perbandingan di kelas VII SMP Katolik Trisakti II Medan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.220 71 Sim p |
Keywords: | pembelajaran matematika; model pembelajaran perbandingan; perbandingans enilai; perbandingan berbalik nilai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12022 |