MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS X SMK NEGERI 1 SITINJO T.A. 2014/2015

Simbolon, Susianna (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS X SMK NEGERI 1 SITINJO T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4102111021 COVER.pdf]
Preview
Text
4102111021 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4102111021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4102111021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4102111021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4102111021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4102111021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4102111021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4102111021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 BAB I.pdf]
Preview
Text
4102111021 BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 BAB V.pdf]
Preview
Text
4102111021 BAB V.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4102111021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 4102111021 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4102111021 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di
Kelas X TKR – 3 SMK Negeri 1 Sitinjo tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X TKR – 3 SMK Negeri 1 Sitinjo yang
berjumlah 34 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada
materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes, lembar
observasi dan wawancara. Tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar
siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel, lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran
ketika model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division
(STAD) diterapkan sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui kendala
yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal – soal yang diberikan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari 2 siklus, masing – masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan
tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes
hasil belajar. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang
mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 5 dari 34 siswa atau 14,7% dengan
rata – rata kelas 43,23. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)
menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 19 dari
34 siswa atau 55,8 % dengan rata – rata kelas 66,35. Hasil analisis data akhir
siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai
ketuntasan belajar yaitu 30 dari 34 siswa atau 88,2% dengan rata – rata 77,35. Ini
berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II.
Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah
mencapai target ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar siswa
khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas X TKR –
3 SMK Negeri 1 Sitinjo meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.507 1 Sim m
Keywords: pembelajaran kooperatif tipe STAD; sistem persamaan linier dua variabel; metode eliminasi; metode subsitusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 23 Aug 2016 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item
View Item