Nasution, Ade Irwansah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENEDEKATAN SAINTITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS X IPA SMA NEGERI 1 LIMA PULUH T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311001 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4103311001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4103311001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4103311001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4103311001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
4103311001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4103311001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4103311001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4103311001 BAB I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
4103311001 BAB V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4103311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103311001 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 1 Lima Puluh dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan Saintifik pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penenelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Lima Puluh sebanyak 32 siswa. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajran Koperatif tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa pada materi SPLDV.Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman observasi pelaksanaan pembelajaran. Tes yang diberikan berbentuk uraian yang terlebih dahulu divalidisasi oleh bantuan tiga validator, yaitu 2 orang dosen dan 1 orang guru mata pelajaran matematika SMA Negeri 1 Lima Puluh.Untuk mengetahui kelemahan siswa dalam memecahkan masalah matematika maka diberikan tes diagnostik dan diperoleh rata-rata siswa 15,12 atau dalam kategori sangat rendah serta belum ada siswa yang tuntas dalam memecahkan masalah. Dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah 1 yang diberikan diperoleh nilai rata-rata 29,75 dengan kategori sangat rendah serta siswa yang tuntas dalam memecahkan masalah sebanyak 8 siswa (25%). Karena persentase ketuntasan masalah belum tercapai maka diberikan tindakan lanjutan pada siklus II, maka diberikan tes kemampuan pemecahan masalah II, dari tes yang diperoleh skor rata-rata adalah 61,41 dengan kategori sedang, serta yang tuntas dalam memecahkan masalah sebanyak 29 siswa (90%) atau persentase ketuntasan tercapai. Dari siklus 1 ke siklus 2 diperoleh peningkatan banyak siswa yang mencapai ketuntasan pemecahan masalah 21 siswa (65%) dan skor rata-rata meningkat 31,66.Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran koopratif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi SPLDV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Nas p |
Keywords: | pembelajaran matematika; pembelajaran kooperatif learning jigsaw; metode eliminasi; metode grafik; metode subsitusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12018 |