Lumban Gaol, Manto (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 5 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111049 cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4103111049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4103111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4103111049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
4103111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103111049 DAFTAR TABE4L.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4103111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4103111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103111049 BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4103111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
pemahaman konsep siswa pada materi program linear dengan menerapkan model
pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan media Autograph di kelas XI
SMA N 5 Medan tahun ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah 42 siswa kelas XI MIA-2 SMA N 5 Medan dan Objek
penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think–Pair-Share (TPS)
berbantuan media Autograph untuk meningkatkan pemahaman konsep
matematika siswa pada materi program linear. Instrumen yang digunakan untuk
memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk
mengetahui peningkatan kemampuan siswa pada setiap aspek pemahaman konsep
pada materi program linear dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses
pembelajaran ketika model pembelajaran Think–Pair-Share (TPS) berbantuan
media Autograph diterapkan.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa siswa mengalami peningkatan pada
setiap aspek pemahaman konsep setelah siklus II dilaksanakan. Hasil analisis data
pada siklus I setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Think–Pair-Share
(TPS) berbantuan media Autograph menunjukkan tingkat kemampuan
pemahaman konsep siswa pada aspek Translasi sebesar 66,67% siswa dengan
kategori sedang, pada aspek Interpretasi sebesar 69,05% siswa dengan kategori
sedang, dan pada aspek Ekstrapolasi sebesar 57,14% siswa dengan kategori
rendah. Hasil analisis data akhir siklus II dengan model pembelajaran yang sama
diperoleh peningkatan banyak siswa yang memahi aspek Translasi sebesar 83,3%
dengan kategori baik, pada aspek Interpretasi meningkat sebesar 88,09% dengan
kategori baik, dan pada aspek Ekstrapolasi meningkat sebesar 80,95% dengan
kategori baik. Dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran siklus I, diperoleh
bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti termasuk kedalam
kategori cukup dan meningkat menjadi kategori baik pada siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model
pembelajaran Think–Pair-Share (TPS) berbantuan media Autograph, kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi program linear di
kelas XI MIA-2 SMA N 5 Medan mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 |
Keywords: | pembelajaran think pair share; media autograph; program linear; persamaan linear dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 04:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12017 |