Triana, - (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK SPLDV DI KELAS X SMA NEGERI 3 PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111056 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4101111056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4101111056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4101111056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4101111056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4101111056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4101111056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4101111056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4101111056 BAB I.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
4101111056 BAB V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4101111056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4101111056 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Pematangsiantar melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Pematangsiantar berjumlah 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR). Data penelitian diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah.Berdasarkan hasil tes diagnostik diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkategori rendah dengan skor rata-rata 1,77 yang dilihat dari total skor yang diperoleh siswa per skor total dikali empat dan dengan presentase 13,88% dari jumlah siswa yang berkemampuan minimal sedang. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menjadi kategori sedang dengan skor rata-rata 2,84 dan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 22 siswa atau 61,11% dari keseluruhan siswa. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berkategori tinggi dengan skor rata-rata 3,45 dan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 32 siswa atau 88,88% dari keseluruhan siswa.Dengan demikian dapat dikatakan pada kelas tersebut telah terdapat lebih dari 85% siswa yang tingkat kemampuan pemecahan masalahnya minimal berkategori sedang (skor ≤ 2.66) sehingga dikatakan telah tuntas memecahkan masalah dan hasil observasi kemampuan guru yang diperoleh berkategori sangat baik. Oleh karena itu berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas X IPA 3 SMA Negeri 3 Pematangsiantar, sehingga pendekatan PMR dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Tri p |
Keywords: | persamaan linier dua variabel; pemecahan masalah matematika; pembelajaran matematika realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12012 |