Rivai, Chairul (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX MTS AL-WASHLIYAH TEMBUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111010 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4101111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
4101111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4101111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4101111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4101111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4101111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4101111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4101111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
4101111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
4101111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat dengan pembelajaran matematika realistik pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs Al-Washliyah Tembung Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas IX-D MTs Al-Washliyah Tembung dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran matematika realistik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi dan tes. Pada pemberian tindakan siklus I diperoleh bahwa kategori proses pembelajaran matematika realistik pada materi bangun ruang sisi lengkung termasuk baik. Hal ini dilihat dari rata-rata hasil pengamatan sebesar 2,6 dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil pengamatan sebesar 2,9. Pada pemberian tindakan pada siklus I dengan menerapkan pembelajaran matematika realistik diperoleh data persentase rata - rata pencapaian waktu ideal aktivitas aktif sebesar 63,6875%, aspek aktivitas siswa nomor 2 dan 3 saja yang tercapai sementara 3 aspek lainnya tidak tercapai. Setelah diberi tindakan pada siklus II diperoleh data rata - rata persentase menjadi 75,01125 %, aspek aktivitas siswa nomor 1, 2, 3 dan 4 juga tercapai. Terjadi peningkatan persentase pencapaian waktu ideal aktivitas aktif sebesar 11,32375 % dari siklus I. Berdasarkan kriteria waktu ideal aktivitas belajar maka pembelajaran ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan. Dari tindakan I, melalui pemberian tes hasil belajar I diperoleh 25 siswa (78,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65) sedangkan 7 siswa (21,875 %) belum tuntas. Setelah tindakan II, melalui pemberian tes hasil belajar II diperoleh 30 siswa (93,75%) dari 32 siswayang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 65) sedangkan 2 siswa (6,25%) belum tuntas. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 15,625%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan model pembelajaran matematika realistik pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX MTs Al-Washliyah Tembung Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Riv p |
Keywords: | hasil belajar; aktivitas belajar; pemeblajaran matematika realistik; materi pokok bangun ruang sisi lengkung |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12006 |