Lubis, Dhenisa Lumongga (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDAR HULUAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111001 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4102111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4102111001 KAAT PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4102111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4102111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4102111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4102111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4102111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4102111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
4102111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4102111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan – kesulitan yang
dialami oleh siswa pada materi pecahan serta untuk menggunakan model
pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII–
A SMP Negeri 1 Bandar Huluan sebanyak 25 siswa. Objek dalam penelitian ini
adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui
model pembelajaran investigasi kelompok pada materi pecahan. Instrumen
penelitian ini melalui Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM) dan
observasi.
Untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam memecahkan masalah
maka diberikan tes kemampuan awal dan diperoleh data sebanyak 9 siswa (36%)
yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Setelah diberikan
perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok (siklus
I), maka diberikan TKPM I. Dari hasil TKPM I diperoleh data bahwa sebanyak 19
siswa (76%) yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Hal ini
menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan pemecahan masalah matematika
siswa secara keseluruhan belum mencapai 85% maka dilanjutkan tindakan pada
siklus II. Dari hasil TKPM II diperoleh data bahwa sebanyak 22 siswa (88%) yang
mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara keseluruhan telah
mencapai 85% maka tindakan dihentikan.
Kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal pecahan yaitu (1)
kesulitan pemahaman akan konsep atau langkah - langkah menyelesaikan
penjumlahan dan pengurangan pecahan (2) kekurang telitian dalam melakukan
perhitungan dalam penyelesaian (3) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal
aplikasi dari pecahan yakni kesulitan menentukan apa yang diketahui dan yang
ditanyakan dalam soal (4) kesulitan dalam menerjemahkan soal ke dalam model
matematika dan kesulitan menyelesaikan model matematika atau langkah-langkah
menyelesaikan pecahan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa khususnya pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP
Negeri 1 Bandar Huluan dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II
dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 712 Lub u |
Keywords: | pemecahan masalah matematika; teori belajar vygotsky; pembelajaran kooperatif; pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok; pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11986 |