Simanjuntak, Loranty Folia (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP SWASTA ABDI SEJATI PERDAGANGAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111010 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4102111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4102111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4102111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4102111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4102111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4102111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
4102111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4102111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan 2 model pembelajaran, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VII SMP Swasta Abdi Sejati Perdagangan T.A. 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Abdi Sejati Perdagangan T.A. 2014 / 2015 yang terdiri dari 3 kelas paralel. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak siswa sebagai sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII-1 sebanyak 36 orang yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas VII-2 sebanyak 36 orang yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Rata-rata postes kelas TPS 74,30 sedangkan siswa kelas STAD diperoleh rata-rata postes sebesar 73,33. Dari hasil perhitungan diperoleh = 2,14 dan = 1,997 dengan dk = 70 dan taraf nyata α = 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung tidak berada diantara interval -1,997 < t < 1,997 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dari hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMP Swasta Abdi Sejati Perdagangan T.A. 2014 / 2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Sim p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran matematika; pembelajaran kooperatif tipe TPS; harga penjualan; untung dan rugi; harga tunggal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11979 |