Hasibuan, Azizah Octoerina (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111008 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4101111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4101111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4101111008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4101111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4101111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4101111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4101111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4101111008 BAB I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
4101111008 BAB V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4101111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana Strategi penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write yang dapat meningkatkan komunikai matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 17 Medan, (2) Mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran Think-Talk-Write untuk meningkatkan komunikasi matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP Negeri 17 Medan, (3) mengetahui bagaimana peningkatan komunikasi matematika siswa siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medan setelah diterapkannya model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-7 SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write pada materi bilangan bulat di kelas VII-7 SMP Negeri 17 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika I diperoleh 17 siswa (53,125%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes komunikasi matematika II diperoleh 28 siswa (87,50%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya 2,66). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 34,37%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi. Pada pemberian tindakan pada siklus I melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika siswa untuk setiap indikator pada siklus I : Pada aspek menulis/menjelaskan skor rata-rata siswa 2,625 (kategori sedang), pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 2,95 (kategori sedang). Pada aspek representasi skor rata-rata siswa 2,29 (kategori sangat rendah). Dan pada siklus II terjadi peningkatan seperti berikut : Pada aspek menulis/menjelaskan, skor rata-rata 2,9 (kategori sedang), Pada aspek menggambar skor rata-rata siswa 2,9 (kategori sedang), Pada aspek representasi skor rata-rata siswa 2,5(kategori randah).Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematika siswa meningkat dengan model pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write pada materi bilangan bulat di kelas VII-7 SMP Negeri 17 medan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Has p |
Keywords: | komunikasi matematika; hasil belajar; aktivitas belajar; pembelajaran kooperatif; Think Talk Write; bilangan bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11972 |