Agustina, - (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DIKELAS VII SMP AL-HIDAYAH MEDAN T.A 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111003 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4101111003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4101111003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4101111003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4101111003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4101111003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4101111003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4101111003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4101111003 BAB I.pdf - Published Version
Download (638kB) | Preview
4101111003 BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4101111003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4101111003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII SMP Al Hidayah Medan Tahun Ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dibagi dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Al Hidayah Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar matematika. Lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran selama proses belajar mengajar dengan menerapkan strategi pembelajaran Think Pair Share. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Think Pair Share. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran untuk peneliti meningkat dari 2,72 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,20 dengan kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh hasil belajar matematika siswa secara klasikal (≥ 2,66) adalah 6,45% dan nilai rata-rata kelas 1,36. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh hasil belajar matematika siswa secara klasikal yaitu 58,06% dan nilai rata-rata kelas 2,72. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh hasil belajar matematika siswa secara klasikal adalah 87,10% dan nilai rata-rata kelas 3,20. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar matematika siswa pada siklus I dan siklus II adalah 29,04%.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di kelas VII-B SMP Al Hidayah Medan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Agu u |
Keywords: | pembelajaran matematika; hasil belajar; model pembeljaran; pembelajaran kooperatif; himpunan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11970 |