Sinaga, Yuli Ragelia (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS VII DI SMP SWASTA ISTIQLAL DELITUA T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111085 COVER .pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4103111085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4103111085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4103111085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4103111085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4103111085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4103111085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4103111085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4103111085 BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
4103111085 BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4103111085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4103111085 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi pecahan kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua dengan jumlah siswa 33 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada materi pecahan kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan observasi digunakan untuk mengetahui proses pembelajaran.Penelitian ini dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan dilaksanakan observasi dengan memperhatikan observasi pembelajaran dan diakhir dari siklus diberikan tes pemahaman konsep siswa. Hasil observasi proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I rata-rata mencapai 3,15 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II rata-rata mencapai 3,5 dengan kategori baik. Sedangkan hasil analisis tes pemahaman konsep yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), pemahaman konsep siswa (≥ 65) secara klasikal masih belum tercapai karena hanya 19 siswa (57,57%) yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 63,85. Setelah pelaksanaan tindakan siklus II, pemahaman konsep siswa (≥ 75) secara klasikal telah tercapai yaitu 30 siswa (90,9%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,69. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dari siklus I ke siklus II adalah 33,33%. Karena pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar klasikal telah tercapai dan terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa sehingga pelaksanaan tindakan diakhiri. Dengan demikian, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII di SMP Swasta Istiqlal Delitua tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 712 Sin p |
Keywords: | hasil belajar; konsep matematika; materi pecahan; pemeblajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11965 |