PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS VII SMP BUDI MULIA MEDAN T.A 2014/2015

Akbar, Aidil Fajar (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN KELAS VII SMP BUDI MULIA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101111004 COVER.pdf]
Preview
Text
4101111004 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4101111004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4101111004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4101111004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4101111004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4101111004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4101111004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4101111004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 BAB I.pdf]
Preview
Text
4101111004 BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 BAB V.pdf]
Preview
Text
4101111004 BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4101111004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 4101111004 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
4101111004 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Budi Mulia Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dibagi dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Budi Mulia Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 31 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran untuk peneliti meningkat dari 2,75 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,7 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Nilai rata-rata aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 2,63 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,4 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil tes awal diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal (≤65) adalah 38,71% dan nilai rata-rata kelas 56,71. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 70,97% dan nilai rata-rata kelas 66,19. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa adalah 90,32% dan nilai rata-rata kelas 81,35. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa besar peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II adalah 15,16. Dari hasil analisis data juga diperoleh bahwa besar peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah 19,35%.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Budi Mulia Medan T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 513.260 712 Akb p
Keywords: pecahan; pecahan campuran; pecahan desimal; operasi hitung bilangan pecahan; penjumlahan dan pengurangan pecahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 22 Aug 2016 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11964

Actions (login required)

View Item
View Item