Harahap, Rika Prasetia Ningsih Br (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP AL-HIDAYAH MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111016 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4102111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4102111016 KATA PENGANTAR.docx.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4102111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4102111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4102111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4102111016 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4102111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4102111016 BAB I.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
4102111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4102111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4102111016 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Al-Hidayah Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus 1 adalah 52,75 atau termasuk dalam kriteria tingkat sangat rendah dan pada siklus 2 nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 80,75 atau termasuk dalam kriteria tingkat tinggi. Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Dari hasil pengamatan, pembelajaran matematika pada materi pokok sistem persamaan linier dua variabel dengan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan terlaksana dengan baik.Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui penerapanmodel pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Har u |
Keywords: | pembelajaran matematika; model pembelajaran; pembelajaran berbasis masalah; persamaan linier dua variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11960 |