Andriana, Nelly (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA MATERI PELUANG DI KELAS XI SMA SWASTA RIZKI ANANDA MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111036 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101111036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4101111036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4101111036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101111036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4101111036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101111036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101111036 DAFTAR LMAPIRAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4101111036 BAB I.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
4101111036 BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4101111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4101111036 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa pada materi Peluang dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di kelas XI SMA Swasta Rizki Ananda tahun ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA Swasta Rizki Ananda, Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Swasta Rizki Ananda, Medan yang berjumlah 20 orang sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) di Kelas XI SMA Swasta Rizki Ananda Medan Tahun Ajaran 2014 / 2015 Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa pada materi peluang saat dilakukan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar dan kreativitas siswa pada saat menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,15 sudah berada pada kategori cukup baik dan pada siklus II hasil observasi proses pembelajaran yaitu 3,76 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil observasi kreativitas juga mengalami peningkatan, dimana pada siklus I yaitu 1,53 berada pada kategori sangat buruk dan pada siklus II menjadi 2,54 sudah beraada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan dimana pada tes kemampuan awal persentase ketuntasan hanya 20% (4 orang siswa) dengan rata-rata 50,42, pada siklus I meningkat menjadi 65% (13 orang siswa) dengan rata-rata 76,9 dan pada siklus II menjadi 95% (19 orang siswa) dengan nilai rata-rata 80,4 dan sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal (PKK) yaitu (≥65%). Dari hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa materi pembelajaran kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 And u |
Keywords: | kreativitas; model pembelajaran; pemeblajaran kooperatif; TAI; materi peluang; kaidah pemecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11954 |