Karo, Desi Tejawati Br (2014) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INOVATIF PADA PENGAJARAN KESETIMBANGAN KIMIA BERDASARKAN TUNTUTAN KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131012 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103131012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4103131012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103131012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103131012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
NIM. 4103131012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103131012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103131012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103131012 BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
4103131012 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103131012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103131012 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Pengembangan modul pembelajaran inovatif pada pengajaran kesetimbangan kimia berdasarkan tuntutan kurikulum 2013 dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan untuk mengembangkan, menginovasikan menstandarisasi dan mengujicobakan modul pembelajaran kesetimbangan kimia untuk mengetahui efektifitas pembelajaran siswa. Pengembangan modul diawali dengan menganalisis buku kimia SMA kemudian mengembangkan berdasarkan silabus kimia kurikulum 2013 dan mengintegrasikan beberapa komponen seperti kegiatan laboratorium, kegiatan luar sekolah, media dan model yang sesuai. Susunan materi disesuaikan dengan silabus kimia kurikulum 2013 untuk meningkatkan kognitif siswa, pengadaan kegiatan praktikum untuk meningkatkan psikomotorik dan kegiatan luar sekolah untuk melihat afektif siswa. Hal ini sesuai dengan standar kompetensi lulusan (SKL) kurikulum 2013. Media yang diintegrasikan berupa animasi macromedia flash untuk mempermudah penyampaian konsep modul dan menggunakan model pembelaran PBL dalam setiap sub pokok bahasan kesetimbangan kimia. Standarisasi modul pembelajaran diketahui dari pemberian angket penilaian terhadap dosen, guru kimia dan siswa sesuai dengan standar baik dari segi isi, bahasa dan penyajian. Hasil penilaian dari ketiga pihak terhadap modul sangat baik dikisaran 3,26-4,00, tepatnya pada 3,53 yang berarti modul yang dihasilkan valid, tidak perlu revisi dan memenuhi standar sebagai media pembelajaran. Setelah itu dilakukan ujicoba modul pembelajaran untuk mengetahui efektifitas modul pembelajaran kesetimbangan kimia yang diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal kesetimbangan kimia sebelum dan sesudah proses pembelajaran yang dilakukan sebanyak dua kali dalam selang waktu dua minggu. Motivasi belajar siswa diketahui dari pemberian angket diakhir proses pembelajaran. Pembelajaran menggunakan modul efektif digunakan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post-test siswa di kelas eksperimen yang menggunakan modul pembelajaran inovatif dan dikelas kontrol menggunakan buku teks kimia. Efektifitas modul pembelajaran kesetimbangan kimia di kelas eksperimen di kelompok tinggi 103,90 % dan kelompok rendah adalah 102,64 %. Sedangkan di kelas kontrol pada kelompok tinggi 99,15 % dan kelompok rendah 98,31 %. Rata-rata nilai motivasi siswa di kelas eksperimen pada kelompok tinggi adalah 78,00 dan kelompok rendah 78,20. Sedangkan di kelas kontrol pada kelompok tinggi 77,47 dan kelompok rendah 77,53.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.392 071 2 Kar p |
Keywords: | Buku Teks; Bahan Ajar; Modul Pembelajaran; Media Pembelajaran; Kurikulum 2013; Keseimbangan Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Rini Arianti |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11857 |