Ginting, Apri Yosiana Br (2014) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWER POINT PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331006 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103331006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4103331006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4103331006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4103331006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4103331006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103331006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103331006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4103331006 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103331006 BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
4103331006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) menggunakan Microsoft Office Power Point lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction menggunakan Microsoft Office Power Point pada pokok bahasan larutan penyangga dan untuk mengetahui besar efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan Microsoft Office Power Point pada pokok bahasan larutan penyangga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta RK Delimurni Sibolangit yang berjumlah 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan sampling total yaitu kelas XI B sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI A sebagai kelas eksperimen II. Sampel penelitian kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II masing-masing berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Kelas Eksperimen I diberi pengajaran dengan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan kelas Eksperimen II diberi pegajaran dengan pembelajaran DI. Dari hasil penelitian, untuk kelas STAD diperoleh nilai rata-rata gain sebesar 0,6679 ± 0,0885 sedangkan untuk kelas DI adalah 0,5386 ± 0,1052. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas STAD adalah 66,25% sedangkan pada kelas DI adalah 53,95%, persen efektivitas pembelajaran menggunakan kooperatif tipe STAD 18,56%. Data kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen sehingga diperoleh hasil uji t dengan thitung > ttabel (5,813 > 1,667) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan Microsoft Office PowerPoint lebih baik dibanding dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instrucsion menggunakan Microsoft Office PowerPoint.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.342 071 2 Gin e |
Keywords: | Prinsip Belajar; Hasil Belajar; Tipe STAD; Media; Media Berbasis Komputer; Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11856 |