Rajagukguk, Vera Septiana (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) MENGGUNAKAN MEDIA POWERPOINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV BAGI SISWA KELAS VIII DI SMP METHODIST BERASTAGI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103111080 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103111080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103111080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4103111080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103111080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103111080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103111080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103111080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103111080 BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
4103111080 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103111080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII-A SMP Methodist Berastagi dengan menerapan pendekatan kontekstual menggunakan media poweroint pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual (CTL) menggunakan media powerpoint untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi SPLDV bagi siswa kelas VIII SMP Methodist Berastagi T.A 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Methodist Berastagi yang berjumlah 33 orang siswa.Sebelum menerapkan tindakan, siswa diberikan tes awal. Pada tes kemampuan awal, diperoleh data sebanyak 4 siswa (12,12%) yang mencapai kriteria kemampuan komunikasi matematika. Setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan pendekatan kontekstual menggunakan media powerpoint (siklus I), kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara matematika meningkat sebesar 39,4% yaitu sebanyak 17 siswa (51,52%). Pada siklus II diberikan perlakuan dengan menerapkan pendekatan kontekstual menggunakan media powerpoint dengan menampilkan video dan animasi yang berkaitan dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Dari TKKM II, kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara matematika meningkat lagi sebesar 36,36% jika dibandingkan TKKM I yaitu sebanyak 29 siswa (87,88%) mencapai ketuntasan belajar. Karena kemampuan komunikasi matematika siswa dari siklus I dan siklus II meningkat dan keseluruhan siswa telah mencapai 85% dari keseluruhan siswa maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual menggunakan media powerpoint dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII-A SMP Methodist Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Raj p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Matematika; Karakteristik; Pembelajaran Kontekstual; Komunikasi; Media Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11801 |