Lubis, Purti Pertiwi (2014) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DENGAN MEDIA HAND OUTDAN KOMIK MELALUI MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION(STAD)PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331040 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103331040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4103331040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
4103331040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103331040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4103331040 TABLES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4103331040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4103331040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4103331040 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
4103331040 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4103331040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbandingan peningkatan hasil belajar kimia siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD menggunakan media Hand Out dan media komik pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 21 Medanyang terdiri dari 4 kelas.Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara random sample. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajardan observasi.Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berupa pilihan ganda dengan jumah sebanyak 21 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan yakni uji t pihak kanan, dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel, yakni thitung= 0,801 >ttabel = 0,361, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)melalui media komik lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media hand out pada pokok bahasan Hidrokarbon. Hal ini diperoleh dari analisis data gain. Rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen 1 adalah 0,42dan kelas eksperimen 2 adalah 0, 62,sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen 1 sebesar 42 % sedangkan pada kelaseksperimen 2 sebesar 62 %. Maka dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media komik dapata meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Lub p |
Keywords: | Pembelajaran Kimia; Hasil Belajar; Tipe STAD; Gaya Belajar Visual; Senyawa Karbon; Hudrokarbon |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11796 |