PARHUSIP, ROCANDA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPTIKA GEOMETRI KELAS XSEMESTER II SMA N 18 MEDANT.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321040 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103321040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103321040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4103321040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
4103321040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103321040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103321040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103321040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103321040 BAB I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
4103321040 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103321040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Optika Geometri kelas X semester II SMA N 18 Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi seluruh siswa kelas X SMA N 18 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksprimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini ada 2 yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 5 option yang divalidasi oleh ahli dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data hasil belajar ini diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian diuji hipotesis dengan uji t. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,9 dan kelas kontrol 37,2. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas ternyata data kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah diberi perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas, diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 70,1 dan pada kelas kontrol sebesar 55,2. Untuk data postes, pengujian normalitas di kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pada uji homogenitas kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas tiap pertemuan, rata-rata aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen pada pertemuan I sebesar 62,7 dengan kategori kurang; pertemuan II sebesar 76,5 dengan kategori baik. Analisis uji Gain dengan g=0,4 menunjukkan bahwa interpretasi peningkatan aktivitas belajar siswa adalah sedang. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung=6,02 dan ttabel=1,99. Dengan demikian, H¬a diterima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi Optika Geometri kelas X semester II SMA N 18 Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.140 712 Par p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; NHT; Media Pembelajaran; Pembelajaran Konvensional; Optiks Geometri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11787 |