Simanjuntak, Mikha Ferina (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTU MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS KELAS XI SEM II SMA N 5 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121015 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4102121015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4102121015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4102121015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4102121015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4102121015 DAFATR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4102121015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4102121015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4102121015 BAB I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4102121015 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4102121015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
4102121015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media animasi dan pembelajaran konvensional berbantu media animasi pada materi pokok Fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 5 Medan T.P. 2013/2014. 2) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media animasi dengan pembelajaran konvensional pada hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida statis di kelas XI semester II SMA Negeri 5 Medan. 3) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas XI selama pelaksanaan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA 10 yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media animasi dan kelas XI IPA 9 yang terdiri dari 31 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1) tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan lima pilihan jawaban, yang telah dinyatakan valid oleh validator, dan 2) instrumen observasi aktivitas belajar siswaDari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 45,14 dan 47,00 dengan standar deviasi masing-masing 12,32 dan 13,31. Data pretes kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Setelah diberikan perlakuan pada kelas sampel diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 72,2 dan 67,00 dengan standar deviasi masing-masing 8,04 dan 8,89. Data postes kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,186 > 1,676 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari data yang diperoleh maka Ha diterima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantu media animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di Kelas XI Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2013/2014. Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam kategori sedang yaitu pertemuan I ke pertemuan II (0,38) dan pertemuan II ke pertemuan III (0,37) sedangkan pada pembelajaran konvensional mengalami peningkatan dalam kategori rendah 0,19 pada pertemuan I ke pertemuan II dan kategori sedang 0,48 pada pertemuan II ke pertemuan III.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 532.297 12 Sim p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Media Pembelajaran; Kooperatif; Kooperatif Tipe Jigsaw; Konvensional; Massa Jenis; Hidrostatis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11786 |