Asra, Aulia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BESARAN, SATUAN, DAN PENGUKURAN KELAS X SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
409421004 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
409421004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
409421004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
409421004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
409421004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409421004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409421004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409421004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
409421004 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
409421004 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409421004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi besaran, satuan, dan pengukuran kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Percut sei Tuan yang terdiri dari 5 kelas.Sampel penelitian ini diambil dua kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster Random sampling dengan menentukan kedua kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 34 orang dan kelas kontrol berjumlah 34 orang. Untuk memperoleh data yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa adalah tes belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 item dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidkan oleh validator. Uji normalitas kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,11, Ltabel = 0,15, dan kelas kontrol dengan Lhitung = 0,12, Ltabel = 0,15, Lhitung<Ltabel, Maka dikatakan data berdistribusi normal. Berdasarkan analisa data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretes 27,20 dengan standar deviasi 11,56 , untuk rata-rata nilai postes 70,73 dengan standar deviasi 8,36. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretes 27,79 dengan standar deviasi 10,53, untuk rata-rata nilai postes 65,88 dengan standar deviasi 6,79. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t nilai kedua sampel diperoleh thitung = 2,62 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 66 dan harga ttabel = 1,66. Dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung>ttabel (2,62 > 1,66), sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Besaran, Satuan, dan Pengukuran di kelas X Semester Ganjil SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Asr p |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; Mengukur Besaran Fisika; Notasi Ilmiah; Besaran dan Satuan; Ketidak pastian Pengukuran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11785 |