PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) MENGGUNAKAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 K

Silaen, Ahmad Fadli (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) MENGGUNAKAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 3 K. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4101321001 COVER .pdf]
Preview
Text
4101321001 COVER .pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 PENGESAHAN .pdf]
Preview
Text
4101321001 PENGESAHAN .pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 KATA PENGANTAR .pdf]
Preview
Text
4101321001 KATA PENGANTAR .pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 ABSTRAK .pdf]
Preview
Text
4101321001 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 DAFTAR ISI .pdf]
Preview
Text
4101321001 DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 DAFTAR TABEL .pdf]
Preview
Text
4101321001 DAFTAR TABEL .pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 DAFTAR GAMBAR .pdf]
Preview
Text
4101321001 DAFTAR GAMBAR .pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 DAFTAR LAMPIRAN .pdf]
Preview
Text
4101321001 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 BAB I .pdf]
Preview
Text
4101321001 BAB I .pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 BAB V .pdf]
Preview
Text
4101321001 BAB V .pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4101321001 DAFTAR PUSTAKA .pdf]
Preview
Text
4101321001 DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) Menggunakan Metode GQGA (Giving Question and Getting Answer) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Pokok Materi Pokok Suhu dan Kalor Di Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Kisaran T.P
2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan Two Group Pretest – Posstest Design, sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Kisaran T.P 2013/2014 yang
terdiri dari 6 kelas yaitu 209 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan ada beberapa yakni 1) lembar hasil belajar, dan 2) lembar observasi yakni lembar observasi sikap dan lembar observasi keterampilan. Untuk instrumen yang digunakan dalam tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak
20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang terlebih dahulu divalidasi. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretes 44,17 dengan standar deviasi 8,91, untuk rata-rata nilai postes 82,67 dengan standar deviasi 7,85. Untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretes 40,33 dengan standar deviasi 8,50, untuk rata-rata nilai postes 74,83 dengan standar deviasi 7,93. Uji kemampuan awal dengan uji t dua pihak nilai kedua sampel diperoleh thitung = 1,669 pada taraf signifikan α=0,05 dan dk=58 dan harga ttabel = 1,671 dengan membandingkan antara
thitung dan ttabel diperoleh thitung < ttabel atau 1,669 < 1,671 maka Ha ditolak. Peningkatan aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen yaitu 71,75 %, sedangkan pada kelas kontrol
sebesar 64,71%. Dari nilai rata-rata tersebut kelas eksperimen mengalami peningkatan sikap lebih tinggi daripada kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t satu pihak nilai kedua sampel diperoleh thitung = 3,682 pada taraf signifikan α=0,05 dan dk=58 dan harga ttabel = 1,671. Dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 3,862 > 1,671 maka Ha diterima. Persentase pengaruh peningkatan sebesar 10,48%, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD menggunakan
metode GQGA Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Di Kelas X Semester II SMA Negeri 3 Kisaran T.P 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 536.107 1 Sil p
Keywords: Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Diskusi; Pembelajaran Kooperatif; STAD; Suhu; Azas Black; Kalor; Perpindahan Kalor; Metode Giving Question and Getting Answer
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11775

Actions (login required)

View Item
View Item