Sianturi, Lamhot (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA N 1 PARANGINAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244220029 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
071244220029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
071244220029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
071244220029 ASBTRAK.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
071244220029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
071244220029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
071244220029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
071244220029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
071244220029 BAB I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
071244220029 BAB V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
071244220029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Paranginan T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Paranginan T.P 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 125 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas XB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan kelas X¬¬¬D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 17 soal yang terdiri dari 5 pilihan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,24 dengan simpangan baku 10,24, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 28,94 dengan simpangan baku 9,89. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung=0,1041 dan Ltabel=0,1730, untuk kelas kontrol dengan Lhitung=0,1240, dan Ltabel=0,1730, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas beraasal dari data yang berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung=1,1103 dan Ftabel=1,9800 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pembelajaran Kontekstual dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 57,65 dengan simpangan baku 10,04, dan kelas kontrol 42,12 dengan simpangan baku 3,12. Hasil uji t diperoleh thitung=4,700 dan ttabel=1,673, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester genap SMA Negeri 1 Paranginan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Kontekstual; Pembelajaran Konvensional; Metode Ceramah; Metode Tanya Jawab; Metode Tugas; Metode Diskusi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11774 |