Titius, Chandra (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DIKELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1BANDAR T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121011 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103121011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
4103121011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4103121011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103121011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103121011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103121011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103121011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4103121011 BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4103121011 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103121011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis setelah menerapkan model temuan terbimbing di kelas X SMAN 1 Bandar T.A. 2013/2014 dan untuk mengetahui peningkatan nilai kompetensi keterampilan dan peningkatan nilai kompetensi sikap siswa dengan menerapkan model temuan terbimbing di kelas X SMAN 1 Bandar T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas kelas X SMAN 1 Bandar T.A. 2013/2014 yang berjumlah 13 kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang masing-masing berjumlah 30 siswa, satu kelas dijadikan kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model temuan terbimbing dan kelas yang lain dijadikan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.Hasil analisis data kompetensi pengetahuan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis setelah menerapkan model temuan terbimbing di kelas X SMAN 1 Bandar. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan lebih tingginya n-gain siswa yang dibelajarkan dengan model temuan terbimbing yaitu 0,36 artinya 36% materi diserap, dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional yaitu 0,26 yang artinya 26% materi diserap. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model temuan terbimbing yaitu sebesar 0,13 atau kategori rendah, artinya dengan menerapkan model temuan terbimbing maka hasil belajar/daya serap siswa pada materi listrik dinamis 13% lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.Hasil analisis n-gain pada nilai kompetensi keterampilan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai kompetensi keterampilan siswa dengan menerapkan model temuan terbimbing sebesar 0,15 atau predikat rendah, artinya dengan menerapkan model temuan terbimbing maka nilai kompetensi keterampilan siswa 15% lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil analisis n-gain pada kompetensi sikap siswa menunjukkan bahwa tidak terdapat peningkatan nilai kompetensi sikap siswa dengan menerapkan model temuan terbimbing, karena n-gain yang diperoleh adalah -0,07, atau menurun dengan predikat rendah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Tit p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi; Model Pembelajaran; Model Temuan Terbimbing; Arus Listrik; Tegangan Listrik; Kuat Arus Listrik; Tegangan Listrik; Hambatan Listrik; Resistor; Rangkaian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11771 |