Simanjuntak, Soni Lamhot (2014) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
408141109 COVER1.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
408141109 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
408141109 KATA PENGANTAR pdf.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
408141109 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
408141109 DAFTAR ISI pdf.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
408141109 DAFTAR TABEL pdf.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
408141109 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
408141109 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
408141109 BAB I pdf.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
408141109 BAB V pdf.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
408141109 DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kompetensi guru biologi dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan yang berjumlah 9 kelas (279 siswa). Sedangkan sampel penelitian ada 2 kelas dipilih secara random sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini juga sebanyak 62 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan kuesioner (angket) sebagai alat pengumpul data penelitian. Hasil deskripsi data penelitian menunjukkan bahwa secara umum angket tanggapan siswa terhadap kompetensi guru biologi adalah kompetensi pedagogik kategori buruk dengan skor rata-rata sebesar 0,85 sedangkan hasil belajar siswa kelas VIII juga tergolong cukup dengan nilai rata-rata sebesar 79,04 dan standar deviasi 7,15. Dari hasil analisis uji persyaratan data diketahui bahwa baik data kompetensi guru biologi maupun data hasil belajar siswa kelas VIII dinyatakan berdistribusi normal dan memilikivarians yang seragam (homongen). Untuk teknik analisis data diketahui bahwa bentuk persamaan regresi.Ŷ = 79,50 + (-0,08)X. Dari perhitungan koefisien korelasi di dapat r = - 36,8 dan indeks determinasi I = 13,54% artinya kompetensi guru berkontribusi 13,54% untuk peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII, ada korelasi yang negatif antara kompetensi guru dengan hasil belajar siswa kelas VIII, untuk pengujian hipotesis diperoleh t_hitung (-0,067) > t_tabel (1,67) sehingga dalam penelitianini Ho diterima sekaligus menolak Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang positif antara kompetensi guru biologi dengan hasil belajar siswa. Jika kompetensi guru biologi dalam proses belajar mengajar semakin ditingkatkan, otomatis prestasi belajar siswa kelas VIII pun tidak akan semakin menurun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Sim h |
Keywords: | Kompetensi Guru; Hasil Belajar; Proses Belajar Mengajar; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11767 |