Sirait, Rudi Hamonangan (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121025 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4101121025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4101121025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4101121025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4101121025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4101121025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101121025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4101121025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4101121025 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
4101121025 BAB V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4101121025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian Two Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 yang berjumlah 39 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 16 soal yang telah divalidasikan dan lembar observasi aktifitas belajar siswa yang dilakukan oleh dua observer. Uji Hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,97 dengan standar deviasi 11.08 dan kelas kontrol adalah 42,15 dengan standar deviasi 11.89. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0.1393 < 0.1566, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0.1150 < 0.1419 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 1.15 < 1.76 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga. Rata-rata aktivitas pertemuan pertama adalah 36.63, pertemuan kedua 57.12 dan pertemuan ketiga 63.02. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 81.06 dan standar deviasi 8.32 dan kelas kontrol 73.24 dan standar deviasi 10.72. Hasil uji t satu pihak postes diperoleh thitung > ttabel = 3.35 > 1.66 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Pokok Fluida Statis di Kelas XI Semester II SMA Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 532.297 12 Sir p |
Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; pembelajaran konvensional; problem based learning; fluida statis; tekanan hidrostatistika; hukum pascal; hukum archimedes |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11765 |