Simanullang, Renova (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON DI KELAS VIII SEMESTER I SMP BUKIT CAHAYA SIDIKALANG T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4104121002 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4104121002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4104121002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4104121002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4104121002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4104121002 BAB I.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4104121002 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4104121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII Semester I pada materi pokok Hukum Newton di SMP Bukit Cahaya Sidikalang T.A. 2013/2014 Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian dua grup pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester I SMP Bukit Cahaya Sidikalang yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dengan cara quota sample, Kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar dibuat dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan yang berjumlah 20 soal. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,0 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 38,25. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data kedua kelas berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t pretes untuk α = 0,05 dengan dk 38 diperoleh thitung = 0,05 dan ttabel = 1,96 thitung < ttabel maka H0 diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,5 dan kelas kontrol 63,0. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 67,57% termasuk kategori aktif. Hasil uji t postes untuk α = 0,05 dengan dk 38 diperoleh thitung = 3,26 dan ttabel = 1,62 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, artinya hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton di kelas VIII semester I SMP Bukit Cahaya Sidikalang T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.607 12 Sim p |
Keywords: | Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; NHT; Hukum Neewton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11759 |