Harahap, Saima Putrini R. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMSGAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI KALOR KELAS X SEMESTER IISMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103321043 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4103321043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4103321043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4103321043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103321043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4103321043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4103321043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4103321043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4103321043 BAB I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
4103321043 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4103321043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranKooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar siswadan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran padamateri kalor kelas X Semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis.Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pretestdan Pos-test. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XSemester II SMA Negeri 1 Batang Kuis yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 262orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random samplingdengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-6 sebagai kelaseksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol yangberjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajarsiswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20soal dengan 5 option. Dan untuk mengetahui aktivitas siswa dengan menggunakanlembar observasi yang dilakukan oleh observer.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelaseksperimen 31,29 dan kelas kontrol 30. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwakemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yangberbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dankelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesaidiberikan postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 76,71 dan kelas kontrol64,39. Nilai rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 73,72 termasukkategori baik. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,729 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung >ttabel maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibatpengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar siswapada materi kalor Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P.2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Har p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Model Pembelajaran; TGT; Kalor; Perubahan Wujud Zat; Perpindahan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11753 |