Sidabutar, Dewi Rotua (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111040 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4081111040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4081111040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
408111040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
408111040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4081111040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4081111040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4081111040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
408111040 BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
408111040 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
408111040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
408111040 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dengan dua siklus, dimana siklus I terdapat 2 kali pertemuan dan siklus II terdapat 2 kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri Medan dengan jumlah siswa dikelas adalah 30 orang siswa. Pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui tes dan observasiHasil penelitian pada siklus I setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), nilai rata-rata observasi kegiatan peneliti adalah 2,9 dengan kategori baik, dan persentase aktivitas belajar siswa adalah 57% dengan kategori kurang aktif. Banyaknya siswa yang termasuk pada paling sedikit kategori aktif adalah 6 orang siswa (20%) dari 30 orang siswa. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah adalah 4,87 dengan kategori sangat rendah. Banyaknya siswa yang termasuk paling sedikit kategori sedang adalah 10 orang siswa (33%) dari 30 orang siswa Dengan melihat persentase klasikal aktivitas belajar dan persentase kalsikal kemampuan pemecahan masalah belum mencapai target penelitian, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Hasil penelitian pada siklus II dengan model pembelajaran yang sama, nilai rata-rata observasi 3,65 dengan kategori sangat baik. persentase aktivitas belajar siswa adalah 79% dengan kategori aktif dan banyak siswa yang termasuk paling sedikit kategori aktif adalah 28 orang siswa (93%) dari 30 orang siswa. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah 8,38 dengan kategori kemampuan tinggi, banyak siswa yang termasuk paling sedikit kategori sedang adalah 28 orang siswa (93%) dari 30 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 3 Medan tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.207 1 Sid p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Masalah Matematika; Model Pembelajaran; Problem Based Learning (PBL); Aritmatika Sosial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11739 |